Monumen Melati Kadet Suropati

Monumen Melati Kadet Suropati - WisataMalang.com

Lokasi di Jl. Ijen Malang. Monumen ini didirikan untuk menghormati seluruh komponen yang terlibat selama proses pembelajaran Militer di Akademi Militer Malang Divisi VII - Suropati selain sebagai wujud penghormatan ditujukan juga sebagai persembahan untuk mengenang seluruh pendiri, tenaga pendidik dan senior-senior di TNI. Monumen ini berbentuk 2 buah pilar utama setinggi 7 m yang melambangkan 2 Brigade yang ada disana. Pada puncaknya terdapat kelopak Melati setlnggl 4 m terbuat dari Perunggu berhelai 11, melambangkan bulan lahirnya Sekolah Kadet Suropati. Gambar "HONGAARSE KRUL" pada pilar utama melambangkan Badge yang dulu dipakai oleh siswa didik sekolah Kadet Suropati. Monumen Melati atau Kadet Suropati Ini diresmikan pada tanggal 17 Desember 1982 oleh KASAD Jend. TNI Poniman. Biaya pembangunan sebesar Rp. 103.000.000,- yang di tanggung oleh alumni. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri.
Pendirian monumen ini digagas oleh Kepala Staf Operasi Divisi VIII, Mayor Mutakad Hurip setelah beliau pulang dari pertempuran di Surabaya yang pertama, sebelum meletus pertempuran yang ke-2 pada tanggal 10 November 1945. Pembukaannya sendiri diumumkan oleh Mayor Jendral Imam Sujai selaku komandan Divisi VIII pada awal bulan November 1945. Ditegaskan pula bahwa lulusan sekolah tentara Divisi VII Malang sama dan sederajat dengan akademi militer di Jogjakarta. Istilah 'Perwira' pengganti Opsir dan istilah 'Taruna' pengganti Kadet diakui Nasional terlahir dari Malang karena Kota Malang dalam bidang istilah bahasa memang selangkah lebih maju. Hal ini dapat dibuktikan pada Syair lagu mars Kadet Malang yang berjudul 'Mars Taruna Perwira' (Moehkardi, 1979 : 192).
Sekolah Tentara mula-mula menempati bekas gedung Meisjes HBS, beberapa bulan kemudian pindah ke gedung Eropees che Lagere School (Susteran Corjesu) dan setelah sekolah ini benar-benar tidak mampu menampung peminat, pindah ke bekas Asrama Marine Belanda di jalan Andalas, komplek Angkatan Laut sampai tahun 1947.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar